Dibuka, Pos Permintaan Informasi Pengelolaan Tiket ke PSSI

TEMPO Interaktif, Jakarta – Koalisi Save Our Soccer (SOS) mulai membuka pos pengaduan publik untuk meminta informasi ke Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI). Permintaan masyarakat itu kemudian akan dikumpulkan guna memperoleh laporan pengelolaan tiket Piala AFF dan audit keuangan PSSI selama enam tahun terakhir, sejak 2005.

“SOS akan memfasilitasi masyarakat dengan membuka pos informasi. Artinya, itu harapan yang bisa kami sampaikan untuk mengajukan informasi,” kata Wakil Koordinator Indonesia Corruption Watch, Emerson Juntho, yang tergabung dalam SOS dalam sebuah diskusi di Jakarta, Jumat 7 Januari 2011.

Hingga saat ini, jumlah permintaaan yang sudah masuk ke pos informasi itu sudah seribuan. “Tapi kami yakin jumlahnya akan lebih besar. Kami akan menggalang dukungan, banyak tokoh masyarakat yang menyatakan kesediaannya untuk membantu,” kata Emerson.

Rencananya pos itu akan dibuka hingga seminggu ke depan. Pada rentang itu, SOS sekaligus akan melakukan kunjungan ke parlemen dan sejumlah organisasi massa untuk menggalang dukungan yang lebih masif.

Kemudian pada 17 Januari 2010, surat permintaan publik yang sudah terkumpul akan diajukan SOS ke PSSI. “Mudah-mudahan tidak ada hujan badai sehingga kami bisa ke Gelora Bung Karno untuk menyerahkannya ke PSSI,” ujar Emerson.

Salah satu alasan PSSI harus membuka akses informasi publik adalah soal pengelolaan tiket kompetisi AFF lalu yang dinilai tak beres. Di saat ada kerusuhan ketika masyarakat ingin membeli tiket, PSSI malah memberi tiket AFF gratis ke sejumlah pejabat.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 + 16 =

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>