Jakarta, Indopos. Kurang dari sebulan di tahun 2013, Komisi Informasi Provinsi (KIP) DKI Jakarta telah menerima 32 kasus sengketa informasi. Padahal di tahun 2012 masih tersisa tunggakan sengketa informasi sebanyak 95 kasus. Demikian ditegaskan Ketua KIP DKI Yulianto Widirahardjo, kemarin (24/1).Ia mengungkapkan, kasus sengketa informasi yang masuk ke KIP DKI pada awal tahun ini terkait dengan beberapa instansi. Diantaranya, Dinas Pelayanan Pajak, Badan Kepegawaian Daerah, Dinas Kominfo dan Humas, Dinas Satpol PP, dan Dinas Pendidikan DKI Jakarta. “rata-rata perhari kami menggelar sidang mediasi 3 kasus sengketa informasi,” ujar Yulianto.

Sedangkan terhadap kasus sengketa informasi yang merupakan tunggakan pada tahun 2012, hingga kini tengah dilakukan upaya penyelesaian. Hanya saja, tanggap bencana yang ditetapkan hingga tanggal 27 Januari 2013 menjadi salah satu kendala dalam pelaksanaan sidang mediasi.

Terlebih kantor KIP DKI Jakarta yang berada di Gedung Prasada Sasana Karya mengalami gangguin pasokan listrik. “Akibatnya beberapa agenda persidangan terpaksa ditunda,” ungkap Yulianto.

Namun untuk menghindari penumpukan perkara,  tutur dia, KIP DKI memindahkan sebagian agenda persidangan sengketa informasi ke Balai Kota DKI Jakarta. “Sementara ini menggunakan ruang advokasi sekretariat wakil gubernur di lantai tiga,” kata pria berkacamata itu.

Selain itu, tambah Yulianto, pelaksanaan tugas masih berjalan dengan lancar. Hanya saja sedikit terkendala akibat belum adanya pengangkatan pejabat sementara sekretaris KIP DKI Jakarta. “Sekretaris Komisi Informasi yang lama sudah habis masa tugasnya sejak 10 Desember 2012. Kondisi ini berdampak pada pelayanan kepada masyarakat yang memohon penyelesaian sengketa informasi,” tandasnya.

Dirinya juga menegaskan, tetap komitmen untuk memberikan kemudahan keterbukaan informasi sejalan dengan amanat Undang Undang No. 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. Tentunya dengan menekankan akuntabilitas, transparansi dan partisipatoris masyarakat. (rul)

Indopos. Jumat 25 Januari 2013