Komisi A DPRD Nusa Tenggara Timur berjanji akan memasukkan anggaran pembentukan Komisi Informasi provinsi pada APBD perubahan bulan Juli mendatang. Hal ini disampaikan oleh Ketua Komisi A Gabriel Beri Beni pada saat melakukan kunjungan kerja ke Komisi Informasi Pusat, Jumat (15/02/13).

Dalam kesempatan itu Gabriel yang didampingi oleh Wakil Ketua Daud Luji dan Sekretaris Frans Nahas menyampaikan, pihaknya juga akan memafasilitasi pertemuan Komisi Informasi Pusat dengan berbagai stakeholder di NTT. Maksud tersebut disambut baik oleh Komisi Inforamsi Pusat.

“Kami tentu saja sangat senang jika dapat duduk bersama stakeholder di sana, agar terbangun pemahaman yang menyeluruh sehingga akan memperlancar prosesnya nanti,” kata anggota Komisi Informasi Pusat Subkomisi Informasi Lingkungan Hidup, Tata Ruang dan Pertanahan Dono Prasetyo yang menemui tim.

Lebih lanjut Dono menyarankan, dalam penganggaran hendaknya Komisi A tidak hanya fokus pada pembentukannya saja, tetapi juga penting untuk memasukkan anggaran untuk operasionalnya nanti. Ini dilakukan agar pada saat Komisi Informasi Provinsi terbentuk sudah dapat langsung bekerja.

Sementara itu kelompok masyarakat sipil benar-benar mengharapkan agar Komisi Informasi provinsi segera terbentuk, mengingat telah mulai banyak muncul sengketa informasi di sana.