Berjuang Untuk Akta Kelahiran dan Buku Nikah

www.pattirocati.wordpress.com
Diskusi tentang keterbukaan informasi publik di di Dusun Karang Bucu, Desa Jagaraga (sumber: www.pattirocati.wordpress.com)
Minta Informasi Dikasih Jamkesda

Nusa Tenggara Barat – Selama bertahun-tahun anak-anak dan pasangan nikah di Desa Jagaraga, Lombok Barat kesulitan mendapatkan akta kelahiran dan buku nikah. Mereka belum menyadari pada awalnya bahwa akta kelahiran dan surat nikah penting bagi warga negara sebagai persyaratan untuk memperoleh hak-hak yang lain, misalnya pendaftaran sekolah dan bantuan-bantuan pemerintah.

Berdasarkan kondisi tersebut, kelompok perempuan Setia Kawan Desa Jagaraga berinsiatif untuk mengajukan permintaan informasi tentang persyaratan pembuatan akta kelahiran dan buku nikah kepada Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil). Permintaan tersebut diterima langsung oleh PPID (Pejabat Pengelola Informasi da Dokumentasi) setempat. “Pada saat itu juga, permintaan informasi dikabulkan” ujar Nurjanah, fasilitator pendamping penguatan masyarakat pada program CATI (Community Access to Information) Lombok Barat (9/4).

Dari dokumen yang diterima, diperoleh informasi bahwa ada kebijakan daerah bahwa buku nikah boleh diganti dengan surat keterangan nikah dari kelurahan khusus bagi pengurusan akta anak berusia di bawah satu tahun. Berdasarkan informasi tersebut, anggota kelompok lalu mendata warga yang tidak memiliki surat nikah dan anak-anak yang belum memilki akta kelahiran. “Selain untuk mengetahui jumlah, pendataan ini juga dimaksudkan untuk membangun proses advokasi lanjutan, dengan melakukan sinergi dengan kelompok warga lain yang memiliki persoalan yang sama. Dengan sinergi ini diharapkan akan muncul gerakan bersama yang lebih besar” jelas Nurjanah.

Meski sudah tahu bagaimana cara memperoleh informasi dan bagaimana memanfaatkannya, gerakan permintaan informasi kelompok perempuan Setia Kawan akan terus bergulis. Mereka berencana mendatangi kantor Peradilan Agama Giri Menang Lombok Barat untuk meminta informasi tentang persyaratan pengajuan untuk mendapatkan dokumen nikah resmi. [AH – berita dioleh dari pattirocati.wordpress.com]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 × four =