APBN-P Minus Transparansi, Rawan Dimanipulasi Parpol

Dampak dari belum berlakunya ketetapan aturan dana kampanye pemilu, dinilai akan sangat besar. Jika tidak diawasi, dikhawatirkan akan ada potensi kecurangan melalui Anggaran Pendapatan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) 2013, yang akan ditetapkan pada Mei tahun ini. APBN-P rawan manipulasi, karena adanya alokasi Kementerian ke daerah melalui segelintir orang oleh partai politik tertentu.

Abdullah Dahlan, Perwakilan dari Indonesia Corruption Watch (ICW), menilai ada tren alokasi APBN-P oleh beberapa kementerian untuk digelontorkan ke daerah di bawahnya, dan akan digunakan sebagai alat menggerakkan partai politik. Kenyataan ini belum dihabisi dengan adanya ketentuan penggunaan dana kampanye untuk pemilu 2014.

“Kalau trendnya begini, maka KPU harus mempersempit celah agar dana APBN-P tidak dihabiskan partai politik. Diharapkan dengan mekanisme pengawasan dana kampanye politik akan kita tekan sedini mungkin dan menghapuskan dana siluman yang menguap untuk proyek,” katanya di Jakarta, Minggu (21/04/2013).

Standar yang diterapkan KPU mencakup pemantauan rekening caleg, pemantauan keuangan Partai Politik serta audit investigasi atas pemakaian dana pemilu. Audit dilakukan agar dana yang dilaporkan KPU tidak berbeda jauh dengan yang dikeluarkan partai politik.

KPU bisa juga memantau aktivitas partai dengan dukungan sosial dengan melibatkan warga yang mengalami kampanye pemilu. Data warga akan dicross check melalui kerjasama Banwaslu, PTTK serta instansi yang terkait.

Jika ditemukan adanya pemanfaatan jabatan caleg dalam melakukan kampanye bisa diseldiki aliran dana untuk melakukan kampanye. Porensi mark up dan pelaporan keuangan partai politik akan kelihatan sangat besar sekali dalam cakupan tersebut.

“Selama ini mereka meilhat prosedural, sedangkan secara kebijakan tidak dilihat seperti kebijakan incumbent yang menggunakan dana Pemda untuk sosialisasi kampanye dan ini terjadi di ruang tertutup,” katanya.

Sumber: Tribun News

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 × 3 =

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>