KI: Keterbukaan Informasi Parpol Pengaruhi Proses Politik

KOMISIONER Bidang Sosialisasi Komisi Informasi Pusat (KIP) Alamsyah Saragih mengatakan keterbukaan informasi partai politik akan mempengaruhi proses politik pada 2014, karena akan menjadi penilaian masyarakat.

“Kalau ada parpol yang masuk dalam kategori tidak kooperatif, menurut saya nanti 2014 itu akan selalu diingat oleh media dan dipublikasikan, itu akan berpengaruh terhadap proses politik,” ujar Alamsyah Saragih di Jakarta, Selasa (16/04).

Menurut survei tentang indeks transparansi pendanaan parpol yang dilakukan lembaga Transparency International Indonesia (TII), dari sembilan parpol, empat parpol masuk dalam kategori kurang atau tidak kooperatif.

“Alasannya apa (parpol tidak kooperatif) saya tidak tahu, tapi kira-kira situasinya membuat mereka sembunyi-sembunyi,” ujar Alamsyah.

Alamsyah mengatakan KIP akan mengumumkan peringkat parpol tentang keterbukaan informasi pada September, dengan harapan bahwa opini yang mengatakan parpol bersifat tertutup dapat ditepis.

Peneliti TII Putut Aryo mengatakan, respon parpol terhadap survei yang dilakukan lembaganya terbagi atas empat kategori, yaitu sangat kooperatif yang artinya parpol membuka diri untuk proses assesment dan audiensi, kooperatif yang artinya parpol membuka diri untuk audiensi.

Kemudian, kurang kooperatif yang berarti parpol melakukan komunikasi dengan TII dan tidak kooperatif yang berarti parpol sama sekali tidak membuka diri untuk komunikasi.

“PDI Perjuangan, Partai Gerindra, PAN, PKB dan Partai Hanura masuk dalam kategori sangat kooperatif, kemudian PPP masuk kategori kooperatif, Partai Demokrat dan PKS masuk kategori kurang kooperatif dan Partai Golkar masuk kategori tidak kooperatif,” ujar Putut.

Putut mengatakan, TII melanjutkan, survei tentang transparansi pendanaan parpol kepada lima parpol yang sangat kooperatif, karena parpol tersebut membuka diri terkait survei yang dilakukan. [ant/fir]

sumber: indonesiarayanews.com

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

19 + five =

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>