Pemkab Garut Gugat Putusan Komisi Informasi Jawa Barat ke PTUN

Dinas Penda­pat­an Pengelolaan Keuangan dan Aset (DPPKA) Pemerintah Kabupaten Garut menggugat putusan Komisi Informasi Provinsi Jawa Barat ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Bandung. Gugatan ini terkait putusan KI Jabar yang menyatakan tergugat wajib menyerahkan rincian transaksi keuangan daerah, yang diminta oleh penggugat, Donny Setiawan, warga Graha Mutiara Indah I Blok D 22, Desa Langensari, Taro­gong Kaler.

Kepala DPPKA Garut, Totong, menyatakan, pihak­nya tetap menolak memberikan rincian transaksi keuangan daerah karena menyangkut rekening-rekening koran di bank. Sehingga data transaksi keuangan daerah yang diberikannya kepada warga penggugat merupakan data global. Dia menilai riskan jika rekening-rekening koran tersebut dibuka ke publik.

Untuk itu, DPPKA menunjuk Kepala Sek­si Pendapatan Daerah dan Pembiayaan DPPKA Ga­rut, Margiyanto, selaku kuasa hukumnya. Selain Mardiayanto, DPPKA juga menunjuk lima kuasa hukum lainnya, yakni Kristanti Wahyuni, Ida Nurfarida, Dadam Ganjar Nugraha, Fuji Asti Pratama R, dan Ceppy Fardina.

“Ya, kami sudah mengajukan keberatan ke PTUN Bandung. Saya sudah menunjuk Pak Margiyanto memprosesnya. Jadi segala sesuatu menyangkut sengketa informasi publik ini beliau yang menangani sekarang. Nantilah, soal itu kalau sudah ada waktu leluasa,” katanya sambil terburu-buru berlalu.

Sementara itu, pemohon informasi, Donny, menyatakan tekadnya untuk terus memperjuangkan keterbukaan informasi publik yang disengketakannya. “Saya siap menghadapinya di PTUN. Kalaupun misalnya gugatan DPPKA ternyata dikabulkan di PTUN, saya akan lakukan kasasi ke MA (Mahkamah Agung),” tandasnya.

Pengajuan gugatan Pemkab Garut/DPPKA tersebut, telah terdaftar di Kepaniteraan Perkara PTUN Bandung dengan nomor 84/G/2013/PTUN-BDG tanggal 22 Juli 2013. Dalam surat PTUN Bandung, disebutkan, yang menjadi objek keberatasn DPPKA yakni Putusan KIP Jawa Barat bernomor 125/PTSN-MK.A/KI-JBR/VI/2013 tertanggal 27 Juni 2013 tentang Sengketa Informasi antara Donny Setiawan terhadap DPPKA GArut.

Diolah dari Kabar Priangan

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 × 2 =

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>