Keterbukaan Informasi di DKI Hingga Tingkat Kelurahan

Pelaksanaan Undang-undang No 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) telah diimplementasikan Pemprov DKI baik dalam bentuk penyediaan media informasi berbasis internet, maupun hingga level kelurahan dalam bentuk penempelan informasi angaran pendapatan belanja daerah (APBD) DKI 2013.

Untuk informasi dunia maya, Pemprov DKI sejak tahun 2.000 telah memiliki website www.beritajakarta.com. Sedangkan untuk media portal, Pemprov DKI juga telah memiliki www.jakarta.go.id.

Anggota Komisi A DPRD DKI, Nadjmatul Faizah, mengatakan bagi masyarakat DKI Jakarta yang belum bisa mengakses langsung melalui internet, Pemprov DKI Jakarta juga telah mengumumkan keterbukaan informasi publik sampai pada tingkat kelurahan.

“Kalaupun orang masih gagap teknologi atau tidak tahu mengakses internet, sudah ditaruh dan ditempel sampai tingkat kelurahan,” katanya dalam diskusi publik Komisi Informasi Provinsi DKI Jakarta, Senin (16/9).

Hal senada dikatakan sutradara Garin Nugroho. Sebagai pemerhati kebijakan publik, ia menilai berbagai pengumuman yang sudah ditempelkan Pemprov DKI Jakarta sudah tepat dan merupakan langkah awal yang bagus.

“Pengumuman tentang anggaran daerah sudah diumumkan di berbagai tempat, namun yang penting adalah kesadaran menggunakan informasi itu. Jadi kalau timbulnya masyarakat informatif harus timbul kesadaran bagaimana menggunakan informasi lewat sistem pelayanan publik,” terangnya.

Sementara itu, Ketua Komisi Informasi Provinsi DKI Jakarta, Yulianto Wadhirahardjo mengatakan, hingga bulan September 2013 terjadi sebanyak 400 sengketa informasi publik di DKI Jakarta. Jumlah itu mengalami peningkatan signifikan dari tahun 2012 lalu yang berjumlah 297 kasus sengketa. “Kebanyakan tentang anggaran di SKPD, UKPD, sekolah-sekolah, lurah, rata-rata seperti itu,” tuturnya.

Ditambahkan Yulianto, saat ini ada perkembangan signifikan tentang keterbukaan informasi publik di DKI Jakarta. Hal itu lantaran Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta yang lebih mengedepankan transparansi. “Dengan sikap seperti itu mau tidak mau seluruh jajaran akan mengikuti,” ucapnya.

sumber: beritajakarta.com

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

four × two =

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>