Home / Daerah / Dengan Transparansi, Pendapatan Desa Klothok Mencapai Rp 1,6 Miliar
Klothok

Dengan Transparansi, Pendapatan Desa Klothok Mencapai Rp 1,6 Miliar

Forum Indonesia Untuk Transparansi Anggaran (Fitra)  Jawa Timur berpendapat, kemiskinan masyarakat di desa sekitar proyek migas seharusnya tidak terjadi jika program yang dilakukan pemerintah maupun operator tepat sasaran, transparansi dan akuntabel.

“Selain itu jangan hanya berdasarkan keinginan namun kebutuhan,” kata Koordinator Analisis dan Advokasi Fitra Jatim, Miftahul Huda kepada Suarabanyuurip.com, Jum’at (17/10/2013).

Huda mengatakan, kemiskinan masyarakat di sekitar tambang migas bukan hal yang baru lagi. Walapun di desanya tersimpan kandungan Sumber Daya Alam (SDA) yang melimpah dan hasilnya berpengaruh pada pendapatan desa melalui penetapan Alokasi Dana Desa (ADD).

“Jika salah pengelolaanya justru kalah dengan desa yang tidak punya potensi kekayaan alamnya,” imbuhnya.

Huda mencontohkan, seperti di Desa Klothok, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban. Desa tersebut memiliki ADD dengan jumlah yang besar meski tidak memiliki kandungan migas.

“Tahun 2013 ADD mencapai Rp 1,6 Miliar,” ujarnya.

Raihan jumlah tersebut berasal dari pengelolaan Tanah Kas Desa (TKD), pasar dan kinerja pengurus Himpunan Petani Pengelola Air (HIPPA). Pendapatan itu berhasil dikelola dengan baik oleh pihak desa karena dalam perencanaan maupun pelaksanaan memenuhi prinsip transparansi dan akuntabel.

“Tiap tahapan juga melibatkan masyarakat,” tuturnya.

Tidak hanya itu, pihaknya juga sempat mengkritik pemerintah maupun operator migas yang terkesan tidak menjadikan potensi ekonomi local.  Seperti pasar tradisional yang tidak dijadikan prioritas pemberdayaan ekonomi melalui Corporate Social Responsibility (CSR).(roz) 

Sumber : http://www.suarabanyuurip.com

Check Also

Kemenko Maritim Gandeng KIP Tingkatkan Keterbukaan Informasi Publik

Maritim – Jakarta, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman bekerja sama dengan Komisi Informasi Publik (KIP) mengadakan Kegiatan …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 × 4 =

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>