KI Cirebon: Website Mendorong Keterbukaan Informasi

Ketua KI Cirebon

Ketua Komisi Informasi (KI) Kota Cirebon Drs. Nurhendra, AMKL menyatakan pentingya keberadaan website dalam rangka mendorong keterbukaan informasi. Hal tersebut disampaikan dalam Diskusi Penjangkauan komunitas yang diselenggarakan oleh Indonesian Parliamentary Center (IPC) dan Jingga Media bersama para pengurus desa, fasilitator PNPM dan jaringan radio komunitas di rumah makan Langgen Sari, Majalengka, Senin (28/10).

Di era digital saat ini, website menjadi media penyempaiakn informasi yang sangat efektif.  ini bisa dilihat dari berubahnya budaya membaca masyarakat. “Kalau dulu masih kebet-kebet buku, sekarang tinggal klik website sudah banyak informasi yang bisa didapatkan” jelasnya.

Jika dikaitkan dengan implementasi Undang-Undang No. 14 Tahun 2008 tentang informasi publik (UU KIP) keberadaan website merupakan bentuk implementasi UU KIP yang paling mutakhir mengingat banyaknya pengguna internet saat ini. Tinggal bagaimana konten yang ditampilkan oleh website menampilkan informasi publik seperti yang diamantkan oleh UU KIP.

Dalam kesempatan diskusi penjangkauan konstituen tersebut, Nurhendra menyampaikan jenis informasi publik menurut UU KIP.  Yaitu informasi wajib disediakan dan diumumkan serta merta, informasi yang wajib diumumkan secara berkala dan informasi yang wajib disediakan setiap saat. Disamping informasi publik ada pula jenis informasi yang dikecualikan seperti informasi pribadi dan informasi yang bisa menghambat proses penegakan hukum.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

sixteen + 6 =

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>