Home / Pendidikan / Nampat: Saya Diperlakukan Begini. Apalagi Mahasiswa Yang Muda-Muda!

Nampat: Saya Diperlakukan Begini. Apalagi Mahasiswa Yang Muda-Muda!

Setelah selesai diskusi di Bakoel Koffie Cikini (12/11/13), siang itu kami dari redaksi kebebasaninformasi.org menghampiri Nampat Silangit, Mahasiswa Universitas Putera Batam, pemohon informasi yang di DO karena dianggap mencermarkan nama baik kampus. Btw, beberapa hari yang lalu, Mukhlisin, tim redaksi kebebasaninformasi.org mendapat telepon dari Nampat, “Saya ini korban,” Wah, sangar kata Mukhlisin. Tetapi, setelah bertemu, Nampat, justru sangat bersahabat. :)

Berikut petikan wawancara kami.

Niat awalnya, Anda ingin mempertanyakan nilai ujian?

Ya, nilai ujian di semester 5, di sejumlah mata kuliah saya dapat 16, 17, 18. Aneh, padahal saya merasa dapat menjawab dengan benar. Sejak semester 1 sampai 4, nilai paling rendah saya itu 80. Saya senang dengan bidang hukum. Saya merasa, hukum itu jiwa saya.

Apa respon dosen?

Dosen saya bilang, dia tidak menentukan dan tidak pernah melihat nilai-nilai itu. Padahal, menurut UU 14/2005 merekalah yang seharusnya menentukan nilai.

Jadi, siapa yang menentukan nilai itu?

Entah, yang pasti dari pihak rektorat.

Terus, Anda bertanya ke Rektorat?

Ya, saya mengajukan permohonan sesuai UU KIP. Tidak ditanggapi, saya mengajukan keberatan. Saya gugat ke Komisi Informasi Provinsi Kepri, dan dimenangkan. Kampus tak puas, lalu menggugat ke PN Batam. Di sini, saya merasa PN Batam tak menjalankan persidangan sesuai aturan.

Apa yang akan dilakukan, selanjutnya?

Saya akan ke Komisi Yudisial, untuk melaporkan bahwa hakim PN Batam tidak mematuhi Perma No 2 Tahun 2011 tentang Tata Cara Penyelesaian Sengketa Informasi. Saya sudah menyampaikan bukti fotocopy putusan KI yang dilegalisir KI, tetapi ditolak. Ini bukan yang asli, kata majelis hakim PN Batam.

Anda yakin tetap semangat memperjuangkan ini?

Saya hampir menyerah. Tapi kehadiran Lais Abid, dari FoI-NI menumbuhkan semangat saya lagi untuk memperjuangkan hak atas informasi, hak pendidikan, dan hak dosen terhadap nilai mahasiswa yang diambil oleh pihak Rektorat UPB,”

Anak saya kelas III SMA. Jika terhadap orang seperti saya, diperlakukan buruk seperti ini, apalagi terhadap mahasiswa-mahasiswa baru yang masih muda-muda itu. Perjuangan ini bukan untuk saya saja, tetapi untuk keadilan bagi semua mahasiswa dan dosen-dosen di sana.

IMG_2622

Dari 11 teman-teman yang semula memperjuangkan ini, ada yang akhirnya memilih sikap lain. Saya hargai itu sebagai pilihan mereka. Kampus juga memutus kontrak lima orang dosen yang mendukung saya dan teman-teman.

Mulai dari rektorat kampus, Kepolisian, hingga PN Batam, upaya untuk memperjuangkan hak kami, selalu dipersulit. Itulah mengapa saya katakan, saya hampir menyerah.

Dukungan teman-teman FoI-NI, dukungan Komisi Informasi Kepri, dan kesadaran bahwa ini perjuangan dengan segala risiko, membuat saya semangat.

Menurut Anda, apa saja yang tidak tepat dilakukan kampus UPB?

Pertama, hak atas nilai tidak ditentukan oleh Dosen (Melanggar UU 14/2005). Saya sudah bertanya ke dosen, mereka mengatakan tidak tahu, bahkan tidak pernah melihat nilai itu. Kedua, permohonan informasi tidak dilayani dan tidak diberikan (Melanggar UU KIP 14/2008). Ketiga, pemusnahan hasil ujian (Mengacu pada UU Kearsipan, ini sebuah pelanggaran. PPID Kemendkbud menyatakan hal yang sama, red). Keempat, mereka tidak menghadiri media yang dilakukan oleh Komisi Informasi Kepri. Ini menunjukkan rendahnya komitmen mereka pada upaya damai dan keterbukaan.

 

Check Also

Ferry Kurnia Rizkiyansyah

Ferry: Hanya Dokter dan Calon Bersangkutan yang Bisa Dapatkan Hasil Tes Kesehatan

Tes kesehatan menjadi salah satu syarat yang wajib dipenuhi oleh setiap bakal pasangan calon yang …

2 comments

  1. yo wes lah bro. nilai memang segitu pun, bisa nya ngajak2 tmn2 untuk melawan saja. jgn asal cari simpati aja, mana cerita dibalik panggungmu.. kami tau apa yg loe pernah lakuin di kelas.

    kalau memang nilai tak segitu napa tak bersikeras minta dari awal, harus nak tunggu sampai sekarang.

    • mhsupb tolong lihatin wajahmu,karna kami ingin tau siapa kamu, dan perlu kamu ketahui juga apa yang dilakukan bpak langit itu buat kami sangatlah benar, atau jangan2 kamu adalah orang suruhan dari kampus ya???

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

18 − 16 =

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>