Kab. Bandung Terima Penghargaan Keterbukaan Informasi Publik

SOREANG,(PRLM).- Kerja keras yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Bandung dalam meningkatkan kualitas pelayanan informasi publik selama kurun tiga tahun ini, akhirnya membuahkan prestasi. Hal itu, dibuktikan dengan diraihnya Anugrah Penghargaan Implementasi Undang-undang Nomor 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) dari Komisi Informasi (KI) Jawa Barat (Jabar).

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Wakil Gubernur Jabar, H.Deddy Mizwar kepada Sekretaris Daerah Kabupaten Bandung, Ir.H.Sofian Nataprawira, MP.

Ketua Komisi Informasi (KI) Jabar, Dan Satriana menjelaskan, KI Jabar telah menyerahkan penghargaan pada sepuluh Badan Publik Kabupaten/kota terbaik di Jabar dalam menerapkan sistem Keterbukaan Informasi Publik.

“Sepuluh Kabupaten/Kota tersebut dinilai cukup baik dalam melaksanakan Undang-undang tersebut, berdasarkan hasil Monitoring dan Evaluasi (Monev) KI Jabar Tahun 2013,” katanya dalam pernyataannya ke “PRLM”, Selasa (26/11).

Penghargaan sebagai bentuk apresiasi dan memberikan spirit kepada badan publik untuk terus bisa melaksanakan UU ini. “Sepuluh Kab/Kota yang terbaik, peringkat I diraih oleh Kabupaten Bogor, Kabupaten Bandung di peringkat ke-dua, disusul Kota Bekasi posisi ke-3, kemudian Kota Depok, Kabupaten Garut, Kota Bogor, Kabupaten Cianjur, Kota Sukabumi, Cimahi dan di peringkat ke-10 diraih Kota Bandung.” Katanya.

Kesepuluh Kab/Kota ini dianggap sudah memenuhi indikator penilaian yang mencakup tentang bagaimana kesiapan badan publik menyediakan informasi publik secara berkala. “Informasi publik yang siap tersedia setiap saat serta upaya badan publik dalam memenuhi hak pemohon informasi”, ucap Dan Satriana.(A-71/A-107)***

http://www.pikiran-rakyat.com, 26 November 2013

 

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

10 + 3 =

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>