JPPR Nilai Sosialisasi Visi Misi Capres Belum Merata

Jakarta,- Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR) mengapresiasi kecepatan Komisi Pemilihan Umum dalam menyampaikan visi misi Calon Presiden dan Wakil Presiden yang akan dipilih 9 Juli nanti melalui website. Tapi berapa persen pemilih yang sudah mengetahuinya.

“Dari sisi kecepatan menyampaikan informasi, KPU harus kita apresiasi, tapi pertanyaannya apakah informasi itu sudah merata?” Mayskuruddin Hafidz dari JPPR yang dihubungi kebebasaninformasi.org, Kamis sore (12/6).

Pada website, menurut dia, bisa diidentifikasi berapa pengaksses data itu dan dari wilayah mana mengaksesnya. “Saya kira paling banyak diakses dari pulau Jawa. Jadi melalui website tidak bisa dikatakan merata informasi itu kepada setiap pemilih. Dari sisi pemerataan informasi belum cukup,” tambahnya.

Sampai saat ini setahu Masykur, belum ada sosialisasi di luar website yang dilakukan KPU supaya informasi itu merata mengingat jumlah
pengguna internet di Indonesia pada 2013 menurut data BPS  sekitar 71,19 juta oarang.

Masykur menambahkan, visi misi capres dan cawapres masuk dalam poster yang disertakan dengan surat suara. Kemudian dipasang di TPS. Pada hari H-lah para pemilih melihat poster dan visi misi para calon.

Supaya para pemilih bisa mengetahui visi-misi itu dari awal, Masykur mengusulkan supaya poster sudah dikirim di luar surat suara disampakan ke ke tempat-tempat terpencil, dipasang di tempat-tempat publik seperti di kantor desa dan kecamatan.

Supaya tidak besar pembiayaannya Mayskur juga mengusulkan desain dilakukan di KPU Pusat kemudian failnya dikirim ke daerah-daerah dengan biaya anggaran yang sudah ada. (AA)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

eighteen − nine =

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>