SBY Sesalkan Surat Pemberhentian Prabowo Tersebar

Jakarta,-Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyesalkan tersebarnya surat pemberhentian Letnan Jenderal Prabowo Subianto di media sosial, meski Keputusan Preseiden itu bukan rahasia. Serta peredaran surat rekomendasi Dewan Kehormatan Perwira untuk pemberhentian. Peredaran surat itu secara luas di masyarakat dinilai Presiden bukan pada tempatnya.

“Ini patut disesalkan dan menjadi perhatian di dalam institusi, khususnya TNI,” kata Juru Bicara Kepresidenan Julian Aldrin Pasha sebagaimana ditulis harian Kompas Rabu (11/6).

Julian sempat menyinggung surat rekomendasi Dewan Kehormatan Perwira tersebut seharusnya tidak boleh beredar di masyarakat di ruang publik. Persoalan ini kata dia, sudah disikapi dengan investigasi di bawah koordinasi Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanna Djoko Suyanto.

Sementara Mantan Wakil Panglima ABRI Letnan Jenderal (Purn) Fachrul Razi, yang saat itu juga menjadi salah seorang anggota Dewan Kehormatan Perwira memastikan, subtansi surat yang beredar itu benar adanya. “Tapi apakah keseluruhan teksnya benar atau tidak, saya tidak ingat lagi,” katanya kepada Kompas TV yang ditukil harian Kompas.

Terhadap penyebaran surat itu Komisioner Komisi Informasi (KI) Pusat, Rumadi, KI Pusat tidak bisa mengatakan di awal, dalam UU Keterbukaan Informasi status apakah dokumen itu terbuka atau tertutup, karena hal itu harus diuji dalam sidang ajudikasi. “Tidak etis kalau belum disidang ajudikasi saya memberi opini,” katanya kepada kebebasaninformasi.org Rabu (11/6).

Rumadi menyarankan bagi yang menginginkan dokumen DKP, mengajukan permohonan informasi ke Mabes TNI, sesuai dengan prosedur yang diatur dalam UU No. 14 tahun 2008. Kalau permohonan informasi tidak dipenuhi, bisa diajukan sengketa ke Komisi Informasi. Lalu Komisi informasi akan memberi penilaian status dokumen itu, tertutup atau dikecualikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

17 − 17 =

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>