Home / Siaran Pers / Lembar Jawab Komputer dan Hasil Seleksi CPNS Merupakan Informasi Terbuka

Lembar Jawab Komputer dan Hasil Seleksi CPNS Merupakan Informasi Terbuka

Pernyataan Sikap

Koalisi Masyarakat Sipil

Freedom of Information Network Indonesia (FOINI)

Jakarta, Jumat 19 Februari 2016

 

“Lembar Jawab Komputer dan Hasil Seleksi CPNS Merupakan Informasi Terbuka”

 Salah satu permasalahan seleksi CPNS adalah perihal transparansi hasil tes. Hal ini sebagaimana terjadi di Pemerintah Kota Medan, dimana 17 peserta ujian CPNS menggugat pengumuman hasil ujian CPNS Kota Medan tahun 2011. Komisi Informasi Pusat kemudian memutuskan bahwa daftar rangking para peserta yang lulus, salinan lembar jawaban komputer yang identitas peserta sudah dihitamkan dapat diberikan kepada pemohon informasi.

Kasus lainnya adalah antara Gede Kamajaya melawan Universitas Pendidikan Ganesha Bali. Dalam kasus ini Gede Kamajaya meminta kepada Rektor Universitas Pendidikan Ganesha Bali terkait informasi lembar kerja asli tes tertulis pada saat mengikuti TKB, soal ujian, nilai tes unjuk kerja maupun tes tulis dan cara menghitungnya. Terhadap kasus ini, Komisi Informasi Provinsi Bali memutuskan bahwa informasi yang diminta Gede Kamajaya merupakan informasi yang terbuka untuk bisa diakses oleh publik. Atas putusan Komisi Informasi Bali Universitas Pendidikan Ganesha mengajukan banding ke PTUN Denpasar. PTUN Bali memutuskan berbeda dengan putusan Komisi Informasi Bali, yaitu informasi mengenai lembar kerja tes tertulis TKB, nilai tes unjuk kerja maupun tes tulis TKB dan cara menghitungnya merupakan informasi terbuka dan wajib diberikan kepada Gede Kamajaya. Sedangkan informasi mengenai soal seleksi dan kunci jawaban diputuskan sebagai informasi yang dikecualikan dengan kata lain putusan Komisi Informasi Bali dikabulkan sebagian. Kasus ini tengah diajukan kasasi di Mahkamah Agung oleh pihak Universitas Pendidikan Ganesha.

Koalisi Freedom of Information Network Indonesia (FOINI) menilai bahwa penting untuk mendorong keterbukaan dan akuntabilitas dalam seleksi CPNS yang meliputi pengumuman, proses, dan hasil seleksi. Sengketa informasi terkait dengan hasil CPNS sebagaimana terjadi di Bali dan Medan harus menjadi refleksi bersama. FOINI memandang bahwa lembar jawaban tertulis peserta dan hasil nilainya wajib dibuka kepada publik. Namun demikian identitas peserta (seperti: nama, nomor ujian, dan tanggal lahir) wajib dihitamkan. Publikasi dokumen dengan penghitaman informasi pribadi tidak bertentangan dengan Pasal 17 huruf h UU KIP.

Untuk itu, koalisi FOINI menghimbau:

  1. Mahkamah Agung sebagai lembaga pengadil tertinggi untuk mendukung transparansi dan akuntabilitas seleksi CPNS.
  2. Penyelenggara seleksi CPNS untuk mendukung transparansi dan akuntabilitas seleksi CPNS, dan mematuhi putusan Komisi Informasi, pengadilan, dan Mahkamah Agung untuk membuka kepada publik mengenai lembar jawaban tertulis peserta dan hasil nilainya.
  3. Meninjau kembali/merevisi Permendikbud No. 50 Tahun 2011 Tentang Layanan Informasi Publik di Lingkungan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan karena ada beberapa pasal yang kontradiktif dengan Undang-Undang No 14 Tahun 208 Tentang Informasi Publik.

Tertanda Anggota FOINI:

IPC, PATTIRO, ICW, Media-Link, ICEL, PWYP Indonesia, SEKNAS FITRA, IBC, Perkumpulan Inisiaitif Bandung, PERLUDEM, TI-Indonesia, YAPPIKA, Artikel 33, Perkumpulan IDEA Yogyakarta, FITRA Riau, KOAK Lampung, PUSAKO Univ. Andalas, PATTIRO Semarang, KRKP Blitar, Sloka Institute Bali, SOMASI NTB, GEMAWAN, Jari Kalimantan Tengah, LPI PBJ Banjar Baru, KOPEL Makassar, Tifa Damai, SKPKC Papua, Serikat Buruh Migran Indonesia, KH2 Institute, PIAR NTT, PATTIRO Serang, MaTa Aceh.

Kontak:

  1. Desiana Samosir: 0813 6928 1962
  2. Dessy Eko Prayitno: 0815 9086 006
  3. Bejo Untung : 0817 6030 417

Check Also

Pembentukan KI Provinsi Gorontalo dan Sejumlah Provinsi Bermasalah, Pelayanan Informasi Publik di Provinsi Terancam Terganggu

[Jakarta] Hak publik untuk memperoleh informasi publik terancam tak dapat dipenuhi oleh penyelenggara Negara, terutama …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

ten + sixteen =

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>