Memilih Antara Kolaboratif atau Jadi Watchdog Pemerintah

30052016-Renaksi-OGIKebebasanInformasi.org – Perumusan Renaksi 2016-2017 menekankan pada proses partisipatoris dengan memperkuat pelibatan civil society organizations (CSO), pemerintah daerah, dan sektor swasta. Oleh sebab itu, kolaborasi antara Pemerintah dan masyarakat sipil menjadi syarat utama mewujudkan Pemerintahan Terbuka.

Danardono Siradjudin, Tenaga Ahli Kebijakan Publik, Sekretariat Nasional Open Government Indonesia (OGI), mengatakan, butuh keahlian khusus untuk melakukan kolaborasi. Menurutnya, Platform CSO yang biasa bererak dengan metode mengkritik dari luar relatif tidak cocok masuk wilayah ini.

Namun kata Danar, kondisi ini tidak terlalu jadi masalah dalam kontkes Jakarta. “Paling tidak, kedewasan teman-teman CSO di Jakarta sudah relatif sampai ke situ, untuk menyadari bahwa misalnya pilihannya menjadi watchdog dari luar. Bahwa ia nggak mungkin kolaborasi dari dalam seperti teman-teman,” terangnya.

Kondisi berbeda terjadi di luar Jakarta. “Antara teman-teman yang kolaboratif dan watchdog dari luar nggak ada masalah, nggak akan ada konflik, itu kalau di Jakarta. Tapi kalau di daerah ini jadi tantangan,” ungkap Danar.

Ia berharap, ke depan teman-teman CSO dengan kesadaran penuh untuk memilih, apakah mau kolaboratif atau menjadi watchdog dari luar. Hal ini tentu dengan segala konsekuensinya. Jika mereka memilih kolaboratif, maka harus siap dituntut keahlian tertentu untuk bisa membantu pemerintah.

Ia mengatakan, apa yang dilakukan OGI selama ini ialah upaya fasilitasi dua belah pihak, yakni memfasilitasi agar pemerintah percaya dan bekerjasama dengan masyarakat sipil dan memfasilitasi masyarakat sipil supaya lebih produktif ketika diajak kerjasama dengan pemerintah. (BOW)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 × 1 =

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>