OGI Berharap Renaksi 2016-2017 Sesuai Siklus Rencana Pembangunan

30052016-Renaksi-OGIKebebasanInformasi.org – Tenaga Ahli Kebijakan Publik, Sekretariat Nasional Open Government Indonesia (OGI), Danardono Siradjudin, menerangkan, proses penyusunan Rencana Aksi (Renaksi) OGI 2016-2017 dimulai lewat serial diskusi publik dengan dua kelompok. Pertama, dengan CSO yang dibutuhkan, dan kedua, dengan kementerian/lembaga yang bersedia turut dalam gerakan kolaborasi ini.

Setelah itu, kedua pihak akan bertemu untuk mengetahui kesesuaian rumusan konsep dari kementerian/lembaga dengan CSO terkait. “Dari situ kita terus perdalam sampai ke rumusan renaksi yang konkret. Setelah ada draft rumusan, kita biasanya diundang lagi untuk semacam penyepakatan dengan kementerian lembaganya,” jelas Danar.

Ia mengatakan, saat ini OGI telah melewati fase di mana sebagian besar kementerian/lembaga mencapai kesepakatan. Setelah semuanya final, OGI berencana menggelar launching bahwa Indonesia akan menyelenggarakan berbagai hal yang ada dalam formula OGI.

“Kita berharap, ke depan perumusan renaksi ini bisa sesuai dengan siklus rencana pembangunan. Sehingga akan mempermudah membuat alur logis dari RPJMN, program prioritas pemerintah dengan inisiatif-inisiatif keterbukaan yang ingin kita lakukan,” kata Danar.

Selain itu, agar sesuai dengan rencana kerja pembangunan, ia ingin memastikan bahwa renaksi ini akan dilakukan karena sudah masuk dalam siklus rencana pembangunan pemerintah. (BOW)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

17 + seven =