Renaksi OGI 2016-2017 Sampai di Ujung Perumusan

30052016-Renaksi-OGI

KebebasanInformasi.org – Open Government Indonesia (OGI) merupakan inisiatif global untuk mendorong terciptanya pemerintahan terbuka dan transparan serta masyarakat yang partisipatif. Melalui gerakan bersama ini, diharapkan pelayanan publik menjadi lebih baik dan akuntabilitas anggaran, yang notabene berasal dari uang rakyat, lebih jelas pertanggungjawabannya.

Saat ini, Rencana Aksi (Renaksi) OGI 2016-2017 telah sampai di ujung perumusan dan pada akhir Oktober 2016 ini akan disampaikan ke OGP Global Unit. “Jadi Renaksi itu posisinya sudah di ujung perumusan. Tinggal beberapa Renaksi yang perlu kami konfirmasi ke kementerian lembaga. Tidak banyak tapi deadline-nya akhir Oktober ini. Mudah-mudahan Oktober ini bisa kita submit ke OGP Global Unit, support unit for ready,” kata Danardono Siradjudin, Tenaga Ahli Kebijakan Publik, Sekretariat Nasional OGI, Minggu, (23/10).

Ia menjelaskan, di tingkat global, Renaksi tersebut akan disandingkan dengan negara-negara lain. “Kemudian dalam implementasi kita membuat report. Ada independent report mechanism, tim riset di Indonesia yang dikontrak oleh Global Support Unit langsung. Mereka akan menilai, apakah benar capaian kita sesuai dengan yang pemerintah laporkan,” jelas Danar. (BOW)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

five × three =

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>