Sektor Perizinan dan Pelayanan Publik jadi Prioritas Presiden Cegah Korupsi

Foto: Pikiran-Rakyat.com
Foto: Pikiran-Rakyat.com

KebebasanInformasi.org – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengakui, upaya reformasi hukum yang saat ini tengah berjalan, seperti aksi pemberantasan pungutan liar oleh Tim Saber Pungli (Sapu Bersih Pungutan Liar) telah cukup berhasil, dengan tertangkapnya beberapa aparat birokrasi dan BUMN yang melakukan pungutan liar.

“Pengaduan masyarakat sudah cukup banyak, ini akan terus kita gencarkan lagi. Kita tidak akan berhenti pada pemberantasan pungli saja,” jelas Presiden, saat memimpin Rapat Terbatas mengenai aksi pencegahan dan pemberantasan korupsi, di Kantor Presiden, Selasa (22/11).

Lebih lanjut, ia mengungkapkan, sektor perizinan dan sektor pelayanan publik yang berkaitan langsung dengan masyarakat menjadi prioritas utama dalam tindakan pencegahan. Seperti pelayanan administrasi pertanahanan, pelayanan kesehatan, dan pelayanan pendidikan.

Selain itu, perhatian khusus perlu ditingkatkan pada transparansi dalam penyaluran dan penggunaan dana hibah, bantuan sosial, serta dalam pengadaan barang dan jasa. “Ini adalah area-area yang rawan tindakan koruptif,” kata Presiden.
“Saya juga minta dilakukan pembenahan besar-besaran dalam tata kelola pajak dan penerimaan negara, terutama di pengelolaan sumber daya alam dan pangan,” ucap Jokowi. (BOW)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

17 − fourteen =

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>