Home / Berita / Anggota Komisi Informasi Pusat Tak Banyak Komentar Soal Lambatnya Proses Seleksi Komisioner Baru

Anggota Komisi Informasi Pusat Tak Banyak Komentar Soal Lambatnya Proses Seleksi Komisioner Baru

Yhanu Setiawan, salah satu anggota Komisi Informasi Pusat tidak banyak memberikan komentar saat ditanya mengenai lambatnya proses seleksi di Komisi Informasi Pusat.  Dalam keterangan tertulis yang ia berikan pada Selasa (25/7/2017) siang, Yhanu menyarankan untuk menanyakan perihal tersebut langsung ke Timsel dan Pemerintah.

“Silahkan dikonfirmasi ke Timsel dan Pemerintah,” jawab Yhanu.

Selain itu, sewaktu dimintai pendapatnya terkait banyaknya anggapan masyarakat bahwa pemerintah terkesan tertutup dalam proses seleksi ini, jawaban Yhanu sederhana, “saya enggak begitu mengamati proses seleksi, jadi tidak bisa memberi komentar,” ujarnya.

Kendati demikian, Yhanu berharap agar komisioner baru dapat segera dipilih.“Saya tidak tahu karena tidak ikut seleksi juga. Tetapi saya berharap secepatnya bisa terpilih komisioner yang baru,” kata Yhanu.

Seperti diketahui, hingga saat ini Pemerintah dan Tim Seleksi KI Pusat belum juga merampungkan tugasnya untuk mempercepat proses penetapan komisioner baru. Padahal, berdasarkan Keppres Nomor 85/P Tahun 2013, masa kerja Komisi Informasi Pusat Periode 2013-2017 telah berakhir pada 16 Juli lalu.

Di samping itu, Pemerintah pun tidak menerbitkan Keppres perpanjangan terhadap keanggotaaan Komisi Informasi. Bila mengacu pada kondisi tersebut, artinya anggota KI periode 2013-2017 tidak lagi memiliki kewenangan untuk melaksanakan tugas dan fungsi sebagai Komisi Informasi.

Tugas dan fungsi komisi informasi sebagaimana tertuang dalam Pasal 26 UU Nomor 14 Tahun 2008 di antaranya: “menerima, memeriksa, dan memutus permohonan penyelesaian Sengketa Informasi Publik melalui Mediasi dan/atau Ajudikasi nonlitigasi yang diajukan oleh setiap Pemohon Informasi Publik berdasarkan alasan sebagaimana dimaksud dalam Undang-Undang ini, menetapkan kebijakan umum pelayanan Informasi Publik, menetapkan petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis”.

Mengenai tiadanya Keppres perpanjangan itu sendiri tidak ditampik oleh Yhanu. Bahkan Yhanu mengonfirmasi bahwa masa baktinya telah purna. “Berarti masa bakti saya sebagai komisioner sudah berakhir, dan tinggal menunggu serah terima dengan komisioner yang nanti terpilih,” lugasnya.

Check Also

Jokowi Akhirnya Keluarkan Keppres Perpanjangan Anggota Komisi Informasi Pusat

Presiden Joko Widodo akhirnya mengeluarkan Keputusan Presiden (Keppres) tentang perpanjangan masa jabatan keanggotaan Komisi Informasi …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 × three =

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>