Home / Berita / Kasasi KontraS Ditolak MA, Suciwati: Dokumen TPF Munir di Mana?

Kasasi KontraS Ditolak MA, Suciwati: Dokumen TPF Munir di Mana?

Jakarta – Suciwati, istri aktivis HAM Munir Said Thalib, menyayangkan keputusan Mahkamah Agung (MA), yang menolak permohonan membuka informasi dokumen Tim Pencari Fakta (TPF) Munir. Ia mengatakan, putusan MA yang menolak kasasi KontraS menunjukkan kurangnya pemahaman majelis terhadap pentingnya sebuah informasi bagi khalayak banyak.

“Penolakan kasasi tersebut menunjukkan, kurangnya pemahaman Majelis Hakim Kasasi, dalam menilai pentingnya suatu informai publik bagi masyarakat. Selain itu, dengan tidak segera disampaikannya hasil kasasi tersebut, menunjukkan ketidakprofesionalan dan bentuk pengabaian MA terhadap sengketa informasi publik yang hasilnya sudah ditunggu-tunggu oleh publik,” ujar Suciwati dalam konfresi pers, di Kantor Kontras, jalan Kramat II No.7, Kwitang, Senen, DKI Jakarta, Rabu (16/8/2017).

Suciwati juga menyesalkan sikap pemerintah yang tidak mengumumkan dokumen TPF, namun memilih mengajukan banding kepada PTTUN. Ia mempertanyakan kembali keberadaan dokumen TPF Munir saat ini.

“Pemerintah RI kemudian bukannya mengumumkan dokumen TPF Munir, tersebut kepada publik. Melainkan justru mengajukan keberatan ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN), hingga prosesnya kemudian berada di MA. Perlu dipertanyakan kembali di manakah keberadaan dokumen TPF Munir tersebut saat ini,” ujar Suciwati.

Untuk itu ia mendesak MA untuk segera menyampaikan putusan kasasi KIP Munir. Ia juga meminta pemerintah, mencari dan mengumumkan dokumen hasil penyelidikan TPF Munir.

“MA untuk segera menyampaikan pemberitahuan dan salinan putusan lengkap, kasasi KIP Munir kepada Pemohon Kasasi yaitu kontras. Mendesak Presiden RI, Joko Widodo untuk memerintahkan Mensesneg RI maupun jajarannya, untuk mencari dokumen TPF Munir yang merupakan dokumen penting kenegaraan. Kami juga mendesak Presiden Joko Widodo untuk segera mengumumkan hasil penyelidikan TPF Munir, tersebut sebagaimana mandat dari Keppres 111 Tahun 2004 tentang pembentukan tim pencari fakta kasus meninggalnya munir,” kata Suciwati.
(rvk/fdn)

Sumber: detik.com

Check Also

Jokowi Akhirnya Keluarkan Keppres Perpanjangan Anggota Komisi Informasi Pusat

Presiden Joko Widodo akhirnya mengeluarkan Keputusan Presiden (Keppres) tentang perpanjangan masa jabatan keanggotaan Komisi Informasi …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 × 3 =

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>